Tugas-tugas jurnalistik

Nama           : Nirvana sihombing
Mata kuliah : Jurnalistik

Tugas pertemuan ke 2
1.   Jurnalistik adalah kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyiarkan informasi melalui media berupa surat kabar, tabloid, atau majalah kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya. Perkembangan berikutnya 1. jurnalistik dapat dikelompokkan menjadi jurnalistik media cetak, radio, televisi, dan online. Tetapi, jurnalistik dilihat dari segi bentuk dan pengelolaannya dapat dibagi ke dalam tiga besar, yaitu jurnalistik media cetak, jurnalistik mediaelektronik auditif (audio), dan jurnalistik media-media lainya.
  Bahasa jurnalistik merupakan salah satu ragam bahasa kreatif dari bahasa Indonesia. Bahasa jurnalistik mempunyai sifat sederhana, singkat, lugas, dan tunduk kepada ketentuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ( PUEBI) Bahasa jurnalistik di surat kabar memiliki ciri-ciri yang sangat khusus atau spesifik. Menurut AS Haris Samudiria, ciri-ciri bahasa jurnalistik di antaranya yaitu, sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, menarik, demokratis, populis, logis, gramatikal, menghindari kata tutur, menghindari kata istilah asing, pilihan kata (diksi) yang tepat, menggunakan kalimat aktif, sejauh mungkin menghindari penggunaan kata atau istilah-istilah teknis dan tunduk kepada kaidah etika.
Penggunaan bahasa jurnalistik berbeda-beda berdasarkan jenis tulisan apa yang akan terberitakan. Suroso pada presentasinya di KIPBIPA IV mengemukakan bahwa bahasa jurnalistik yang digunakan untuk menuliskan reportase investigasi tentu lebih cermat bila dibandingkan dengan bahasa yang digunakan dalam penulisan features. Bahkan bahasa jurnalistik pun sekarang sudah memiliki kaidah-kaidah khas seperti dalam penulisan jurnalisme perdamai. Bahasa jurnalistik yang digunakan untuk menulis berita utama—ada yang menyebut laporan utama, forum utama--akan berbeda dengan bahasa jurnalistik yang digunakan untuk menulis tajuk dan features. Dalam menulis banyak faktor yang dapat mempengaruhi karakteristik bahasa jurnalistik karena penentuan masalah, angle tulisan, pembagian tulisan, dan sumber (bahan tulisan). Namun demikian sesungguhnya bahasa jurnalistik tidak meninggalkan kaidah yang dimiliki oleh ragam bahasa Indonesia baku dalam hal pemakaian kosakata, struktur sintaksis dan wacana . Karena berbagai keterbatasan yang dimiliki surat kabar (ruang, waktu) maka bahasa jurnalistik memiliki sifat yang khas yaitu singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas dan menarik. Kosakata yang digunakan dalam bahasa jurnalistik mengikuti perkembangan bahasa dalam masyarakat.
 
2. Mengapa seorang jurnalis harus memiliki  jiwa jurnalis,karena Seiring bergesernya perkembangan zaman tentu hal ini juga mempengaruhi perilaku komunikasi masyarakat yang biasa menikmati santapan informasi melalui media massa mainstream, kini beralih ke digital. Jurnalis tidak hanya soal menulis berita. Tapi jurnalis pun harus mampu melakukan liputan dengan efektif dan mampun melihat “angle” sudut pandang berita yang menarik . Bahkan jurnalis pun harus memiliki kemampuan “membaca data” dan audio visual, termasuk fotografi. Jurnalis harus berani memberitakan kebenaran tanpa ada paksaan atau memihak kepada yang berkepentingan. Akurat, Berarti berita yang dibuat bisa dipercaya, benar dan sesuai kedaan objektif. Seorang jurnalis harus membuat berita sesuai dengan fakta dan harus jelas sumbernya.
Oleh sebab itu seorang jurnalistik harus mempunyai kemampuan dan keahlian yang matang dalam mempelajari disiplin ilmu jurnalis. Kemudian apa saja yang diperlukan untuk membentuk jiwa kreatif dan independen.
 
3. Jika jurnalis tidak ada maka kita tidak tau apa yg terjadi di dunia ini,dan kita mudah menerima berita hoax yang belum tentu kebenaran yang sesunguhunya.serta terjadi saling mengadu domba dan itu akan membuat buat kericuhan dimasyarakat.
 
4.. Dampak negatif virus corona hingga saat ini sedang dialami hampir tiap negara. Virus corona tak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga berbagai aspek kehidupan lainnya,perekonomian yg terus menurun,proses belajar mengajar yg terkadang terkendala. Hingga kini belum diketahui kapan pandemi COVID-19 selesai, sehingga yang bisa dilakukan adalah menerapkan usaha pencegahan,seperti:

"Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, ketika terlihat kotor, usai menyentuh hewan atau membersihkan kotoran, usai bersin atau batuk, ketika merawat orang sakit, serta sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.

Dampak positif dan negatif virus corona memberi banyak pelajaran terkait pentingnya usaha pencegahan. Penerapan tindakan preventif menjadi bekal menghadapi berbagai penyakit lain di masa mendatang.
kaitan jurnalis dengan pandemi covid19
pertama jurnalis dan  perusahaan  media harus  lebih  akrab
dengan teknologi media baru dan ruang lingkup interaksinya.
.Kedua, jurnalis harus memanfaatkan sosial media mencari in-
formasi  awal dari  masyarakat.  Bahkan bisa  mengutip  cuitan atau
unggahan foto  atau video dari  narasumber di  media sosial. Apalagi
trend  penggunaan  sosial media  semakin  meningkat dan  mayoritas
narasumber  sudah  melek  digital  dalam menyampaikan  pendapat
atau  pun gagasannya.  Terkadang  antar  narasumber  saling berde-
batan di sosial media.
Ketiga, jurnalis dan  industri media  harus terbiasa  melakukan
riset  kecil-kecilan  untuk  mengetahui  kecenderungan  masyarakat
terkait isu-isu yang  jadi fokus perhatian  mereka. Selain bisa  melihat
dari tranding topic.
Keempat, perusahaan  media  sebaiknya juga  bisa memanfaat-
kan  big data  untuk  meningkatkan kemampuan pengumpulan  data
dan informasi yang mempermudah menemukan bahkan menganali-
sa hal yang menarik untuk disajikan.
Kelima,  jurnalis sebaiknya  lebih  banyak meluangkan  waktu
menyisir  pernyataan pers  dan  data  yang  dikirim  (press rilis)  yang
terkait corona virus, terkait isu dan hal penting disandingkan dengan
data pemerintah. Jurnalis harus punya ‘sense of criticism’. Tidak boleh
begitu saja mempublikasikan data yang diberikan tanpa dikritisi dan
analisa. Seharusnya mengetahui perannya sebagai watchdog.
 
5.Deskripsi berita
Ahmad Ghazali dan Suhardin adalah dua teroris yang kini jadi buronan polda sulawesi tengah,yang merevisi selebaran baliho yang terpajang wajah teroris tersebut.
setelah diperbanyak polda sulawesi akan menyebar diberbagai wilayah operasi satuan tugas madagoraya,,yakni dikabupaten poso,kabupaten sigi.petugas mengimbau  jika masyarakat melihat pihak orang yang dicurigai atau mirip dengan foto yang disebarkan agar malapoor kedapa pihak kepolisian terdekat .
Kombes Pol Didik Suparnoto mengatakan''bahwa DPO yang ada di wilayah poso adalah murni sebagai teroris bukan pahlwan''.maka dari itu kita sebagai masyarakat diharapkan untuk tidak memberikan bantuan yang logistik.
kelebihan dalam penyampaian berita tersebut yaitu
~Si pembaawa acara,  mampu menguasai berita yyang di sampaikan kepada si penonton
~Menggunakan intonasi yang baik.
~Berita yang disampaikan sangat jelas serta pengggunaan tanda bacanya juga baik.
Kekurangan:
~Terlalu banyak mengunakan singkatan kata sehingga penonton tidak mengerti apa arti dari kata tersebut.


Tugas pertemuan ke-3

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Dosa Besar di Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan akan membasmi tiga dosa besar dalam sistem pendidikan nasional. Adapun ketiganya adalah intoleransi, perundungan, dan pelecehan seksual.
"Jadinya biar diperjelas saja posisi Kemendikbudristek dan Pemerintah Pusat terhadap tiga dosa ini, ini adalah tiga hal yang akan kita basmikan dari sistem pendidikan kita. Tentunya akan memakan waktu untuk melaksanakan ini, tapi itu adalah aspirasi dan tidak ada abu-abu untuk mencapai aspirasi ini," tegas Nadiem dalam acara Peluncuran Aksi Moderasi Beragama, Kemenag lewat daring, Rabu (22/9/2021).
Upaya itu salah satunya dilakukan lewat Program Merdeka Belajar. Nadiem menganggap pendidikan karakter amat penting dalam Merdeka Belajar. Sampai-sampai pihaknya mengubah sistem pemetaan mutu pendidikan yang awalnya lewat Ujian Nasional (UN) kini lewat Asesmen Nasional (AN), hanya demi dapat mengukur nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
"Lebih penting lagi bahkan ada survei karakter dan ada survei lingkungan belajar. Dari surve-survei ini kita mengakses nilai-nilai Pancasila yang ada, yaitu nilai kebhinekaan, toleransi, nilai keamanan dalam lingkungan sekolah. Dan dari situlah kita mengukur mutu pendidikan di Indonesia," ujarnya
Nadiem juga mengaku tengah menyiapkan materi moderasi beragama untuk disisipkan dalam kurikulum Program Sekolah Penggerak. Rancangan itu disusun bersama Kementerian Agama.
"Kami juga sedang merancang materi terkait moderasi beragama bersama Kemenag untuk disertakan di dalam kurikulum Sekolah Penggerak. Itu adalah kurikulum prototipe yang sedang kita tes di dalam sekolah-sekolah penggerak. Di situlah konten-konten moderasi beragama, kita juga akan melakukan risetnya," ujar Nadiem.
Menurut Nadiem, konten moderasi beragama itu bakal diujicobaka kepada 2.500 sekolah penggerak. Angka ini akan terus berkembang setiap tahunnya.
Konten moderasi beragama juga diajarkan kepada para calon guru penggerak pada Program Guru Penggerak Kemendikbudristek.
"Kami juga mengupayakan sejumlah terobosan dalam program pendidikan guru, seperti menyisipkan topik kebinekaan dan nilai-nilai moderasi beragama dalam materi pendidikan Guru Penggerak," katanya.
Program Guru Penggerak merupakan program besutan Nadiem yang ditujukan untuk mencetak kader kepala sekolah yang berkualitas.
"Jadinya sangat penting peran guru penggerak, alumninya itu bakal jadi pemimpin, pengawas, kepala sekolah," ujarnya.
Moderasi beragama, menurut Nadiem amat penting diajarkan. Sebab Nadiem memandang intoleransi beragama merupakan salah satu dari tiga dosa besar pendidikan di Tanah Air yang perlu dibasmi.
"Tiga dosa ada di sistem pendidikan kita saat ini, dan tiga dosa tersebut nomor satu adalah intoleransi, nomor dua adalah perundungan atau bullying dan nomor tiga adalah kekerasan seksual," pungkas Nadiem.

Analilis karakter bahasa jurnalistik
1.bahasa atau kalimat yang digunakan muda di mengerti
2.penyampain beritanya langsung dibahas keintinya
3.Informasi yang di tulis cukup menarik,karena kata atau kalimat karya jurnalis didalamnya muda di pahami dan kita sebagai pembaca jadi lebih berminat untuk mendengarnya.

Polisi Gerebek Rumah Kontrakan di Bekasi, Hasilnya Luar Biasa.



Polisi menggerebek sebuah rumah kontrakan di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat

Hasilnya, petugas menemukan dan menyita 25 motor hasil curian. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi mengatakan seorang pelaku diamankan, yakni RM, sedangkan satu pelaku lainnya berhasil meloloskan diri dan masuk daftar pencarian orang (DPO) petugas kepolisian

"Satu pelaku kami amankan dengan 25 sepeda motor hasil curian. Ini Kelompok Lampung," kata Aloysius Suprijadi saat pengungkapan kasus di Mapolres Metro Bekasi Kota, Selasa. Dia mengaku terbongkarnya kasus ini bermula dari laporan korban pencurian kendaraan yang terjadi di wilayah Kota Bekasi pada Senin (27/9) petang. Korban yang memarkirkan sepeda motor di depan indekos terkejut saat melihat kendaraannya sudah tidak ada lagi.

Korban lalu melaporkan kasus ini ke Mapolsek Bekasi Timur. Karena di sepeda motor korban terpasang GPS, dari situ kami melakukan pelacakan," ucapnya. Dari hasil pelacakan, kata dia, diketahui keberadaan sepeda motor korban terlacak di wilayah Rawalumbu.

Analilis karakter bahasa jurnalistik
1. berita yang disampaikan langsung di bahas ke intinya sesuai dengan judul berita yang dibuat.
2.penyampaian kata atau kaliamat didalam berita tersebut sangat jelas dan singkat.
Tugas pertemuan ke-4


1.Berikan tanggapan kamu terhadap kinerja wartawan di Indonesia?
2.Tanggapan kamu akan materi jurnalistik ini, apa manfaat kamu mengetahui dunia wartawan (sebagai guru nantinya)
3.Berikan alasan (penting atau tidak penting) materi ini kamu pelajari sebagai (mahasiswa, sebagai guru nantinya, dan sebagai anggota masyarakat sipil).

Jawaban
1. menurut saya kinerja wartawan saat ini sangat baik dan profesional ,karena Menjalankan tugas sebagai wartawan di tengah pandemi Covid-19 ini sungguh sangat berat dan menantang.Di tengah situasi yang demikian, wartawan tetap dituntut untuk menjalankan tugasnya menyampaikan informasi sebagai garda terdepan, terutama informasi-informasi terkait Covid-19 wartawan sangat rentan tertular virus Covid-19. Kedua pemberitaan hoax mengalami peningkatan. Walau kadang tidak langsung terjun kelapangan namun wartawan indonesia masi bisa melakuan tugas mereka dengan cara melakukan webinar untuk penyampaikan berita.

2.manfaat bagi saya tentang materi jurnalistik untuk mengetahui dunia wartawan untuk sebagia calon guru nantinta yaitu,supaya mampu menyampaikan penjelasan dengan baik dan benar, sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh siswa.yang dimana materi jurnalistik ini sangat berperan penting terhadap kemampuan seorang guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi ataupun tulisan terhadap siswa dalam media pembelajaran.

3.materi jurnalistik sangat lah penting diepelajari bagi mahasiswa,guru dan masyarakat sipil,karena materi jurnalistik dalam ranah pendidikan ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat dari anak-anak sampai orang dewasa. Bagi anak-anak membarikan pelajaran atau pengetahuan tentang nilai-nilai moral atau etika meskipun itu tidak secara langsung, dimana nilai-nilai tentang moral itu lebih cepat dan mudah diterima oleh anak-anak daripada pelajaran yang berada di sekolah atau guru agama mereka. Hal ini bisa dilihat bahwa anak-anak lebih sering meniru apa yang dialkukan oleh para tokoh film yang mereka tonton dalam media televisi. Serta membantu meningkatkan daya kreativitas anak dengan adanya tayangan-tayangan dalam media televisi seperti membuat mainan dengan menggunakan kertas lipat, barang-barang bekas, atau dengan menggambar dan lain sebagainya.
Sedangkan bagi orang tua bisa menambah pengetahuan tentang cara-cara terbaik dalam mengasuh dan mendidik anak. Bisa juga memberikan pengajaran tentang memasak melalui media elektronik atau hanya lewat resep-resep yang ditulis dalam media cetak. Dan jurnalistik juga memberikan pengetahuan tentang kiat-kiat sukses bagi para pengusaha atau pedagang.
 secara tidak langsung jurnalistik juga membantu anak-anak yang putus sekolah atau masyarakat tingkat rendah untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan yang luas. Serta membantu program pemberantasan buta huruf bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan yang tak kalah pentingnya adalah pendidikan jurnalistikpun membawa manfaat bagi rekan guru, bahkan bisa menambah kredit point terutama bagi yang mengikuti sertivikasi, bila rekan guru yang rajin menulis artikel di media cetak. Untuk itu, marilah kita bersama menyelami dunia Jurnaistik. Bukan sekedar teori Jurnalistik semata, namun yang terpenting adalah langsung menulis, menulis dan sering menulis mulai dari sekarang.
Tugas pertemuan ke-5

PENTINGNYA BELAJAR JURNALISTIK BAGI MAHASISWA". 

Menulis adalah hal penting, terutama bagi kita sebagai mahasiswa yang dengan bangga memperjuangkan idealisme. Dengan menulis kita dapat menuangkan kritik kita secara intelektual terhadap suatu permasalahan.
jurnalistik.
Belajar jurnalistik itu penting. Tentu bukan untuk jadi wartawan. Apalagi mau jadi pemimpin redaksi. Tapi belajar jurnalistik, sungguh untuk tahu caranya berpihak pada kebenaran.
Karena jurnalistik yang hingga hari ini masih berani mengajarkan tentang sikap independen, berlaku netral, selalu akurat, niat jujur, dan perilakunya benar. Karena bisa jadi, hari ini susah mencari sosok atau dunia kehidupan seperti 5 prinsip jurnalistik itu.
Bisa "independen" itu susah sekarang. Ingin "netral" pun banyak godaannya. Berkata atau menulis yang "akurat" itu sulit. Mau "jujur" pun tidak mudah. Apalagi bertindak "benar" pasti bisa banyak musuhnya. Realitasnya, kata banyak orang, nyata-nyata memang susah. Tapi, jangan sampai kita tidak tahu prinsip jurnalistik yang masih sangat relevan hingga sekaran. Independen, netral, akurat, jujur, dan benar.
Lalu seberapa penting jurnalistik bagi mahasiswa yaitu Sangat lah penting kerna Hal ini dikarenakan jurnalisme bisa menjadi pendukung dalam setiap mata perkuliahan. Serta mahasiswa bisa tau bagaimana peranan wartawan dalam kehidupan.
Jurnalistik itu karya besar yang dapat mengubah nasib suatu bangsa. Jurnalistik itu mampu mengubah "orang biasa" jadi "orang tenar", dan sebaliknya "orang tenar" jadi "orang biasa". Suka tidak suka, semua itu akibat karya jurnalistik.
Tugas pertemuan ke-6

Tugas
1.Contoh nyata dari peran jurnalistik kepada masyarakat yaitu:
Sebagai pemberi informasi
•Peran utama jurnalistik adalah pemberi informasi, berbagai karya jurnalistik yang disajikan seperti berita, feature, reportase, ataupun lainya merupakan hal yang diharapkan ada oleh pembaca ketika memberi atau berlangganan media tersebut.

2.Peran jurnalistik sebagai kontrol sosial untuk permasalahan virus Corona sangat lah penting dalam kasus tersebut,karna adanya informasi-informasi dari seorang jurnalistik masyarakat akan tau apasaja yang menjadi penyakit dari virus tersebut.dan sebagai masyarakat kita akan lebih waspada dan serta mematuhi aturan-aturan yang diberikan pemerintah yang disampaikan langsung oleh seorang jurnalistik.
Tugas pertemuan ke-7

1.contoh berita
 Alami Cuaca Ekstrem, Banjir Bandang Berpotensi Terjang Jakarta, Ini Panduan Menghadapi Banjir dari BPBD
Saat ini beberapa daerah di Indonesia tengah mengalami cuaca ekstrem. 
Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga sudah memperingati beberapa daerah yang rawan diterjang banjir.
2.Contoh Artikel
Telur Palsu Marak Beredar di Masyarakat
Beberapa saat yang lalu masyarakat Indonesia dihebohkan oleh berita mengenai kemunculan telur palsu yang di pasarkan di banyak wilayah. Adapun orang yang menyebarkan berita palsu tersebut menjelaskan tentang ciri-ciri dari telur palsunya, yaitu tidak mempunyai bau amis di dalamnya. Selain itu, putih telurnya lebih encer dengan disertai warna merah yang telah pudar. Tidak lama setelah berita ini beredar, banyak warga yang kemudian heboh sampai telur di pasaran menjadi menurun.
Berita mengenai telur palsu tersebut tidak sebatas merugikan para pedagang, namun juga berbagai kalangan karena telur sendiri adalah menghasilkan jenis protein yang terbaik. Tubuh membutuhkan protein yang berasal dari telur ayam di samping protein ikan yang asalnya dari lautan. Mengingat kandungannya sangat dibutuhkan, maka tak heran jika akhirnya bahan ini diolah menjadi berbagai jenis makanan.
3.Contoh feature
Dulu musik pengiring adalah musik genjring dog-dog. Namun, saat ini karena perkembangan zaman dan permintaan konsumen, musik pengiring adalah tarling dengan sejumlah penyanyi perempuan. Sebelum arak-arakan, pergelaran dibuka dengan pertunjukan kuda lumping, dan sejumlah tarian.
Seusai arak-arakan, pertunjukan dilanjut dengan akrobat, sulap, bahkan drama pertempuran antara tokoh legenda dari Tiongkok, kera sakti Sun Go Kong dengan barongsai, yang dimenangkan Sun Go Kong.

Terelpas dari semua perubahan seni burok yang tidak lagi asli, Ina Katharina mengungkapkan, ia sengaja mengundang rombongan seni burok di acara syukuran khitan anaknya, karena karena ingin mengenalkan seni traadisi Cirebon kepada anaknya.
“Kebetulan Kama (anak Ina Katharina, pen) sendiri juga minta, jadi ya klop keinginan kami, katanya. (Ani Nunung/”
4.Contoh foto

5.contoh tajuk rencana



6.Contoh kolom

7.contoh pojok 
“Bangsa besar adalah bangsa yang tidak akan
melupakan jasa para pahlawannya.”
“Ketika moral generasi masa depan hancur maka
tunggulah kehancuran bangsa.”
“70 tahun yang lalu, 10 November 1945, arek arek Suroboyo
telah memberikan bukti kesetiaannya kepada bangsa ini
Menyumbangkan semangat juang hingga nyawa untuk
merdekanya negeri ribuan budaya ini Kini saatnya, kita
sebagai penerusnya dapat memberikan karya berarti untuk bumi pertiwi ini.”
“Perjuangan melawan para penjajah memanglah sangat
sulit namun perjuangan melawan bangsamu sendiri adalah
hal yang lebih sulit.”
“Perjuangan melawan para penjajah memanglah sangat
sulit namun perjuangan melawan bangsamu sendiri adalah
hal yang lebih sulit.”
“Jika rasa takut dan malu dalam kebaikan tidak hilangkan
maka yakinlah bawa kemajuan hanyalah angan yang tidak
akan menjadi kenyataan.”
“Darahmu tumpah di Tanah Pusaka, jiwamu mengawal
tegaknya Indonesia, Engkau pahlawanku, engkau kusuma negaraku!”
“Tanpa semangat, secanggih apapun senjata yang kamu
pergunakan tidak ada apa-apanya tapi dengan semangat
yang membara sebatang bambu runcing bisa membuat kita
meraih kemerdekaan.”
8.Contoh Karikatur

9.contoh surat pembaca


10.Contoh Resensi
Sinopsis
Novel karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang kehidupan tiga anak Melayu Belitong bernama Arai, Ikal, dan Jimbron. Kehidupan mereka penuh perjuangan, liku, dan tantangan sehingga mereka yakin dengan adanya kekuatan cinta, adanya rasa percaya terhadap kekuatan mimpi dan kekuasaan Tuhan. Mereka duduk di bangku SMA dan bekerja menjadi kuli ikan untuk bertahan hidup.

Di SMA Negeri Bukan Main, terdapat kepala sekolah yang baik dan bijaksana. Beliau bernama Pak Balia. Selain itu, ada tokoh antagonis yang ditakuti siswa, beliau bernama Pak Mustar. Beliau menjadi galak karena anaknya tidak diterima di SMA Negeri Bukan Main.

Ikal, Jimbron, dan Arai pernah melanggar peraturan sekolah dengan menonton film di bioskop sehingga dihukum oleh Pak Mustar. Mereka bertiga diminta untuk berakting membersihkan WC di lapangan sekolah.

Arai dan Ikal masih mempunyai hubungan darah. Ketika Arai duduk di bangku kelas 1 SD ibunya meninggal dan saat duduk di bangku kelas 3 ayahnya meninggal. Hal ini menyebabkan di kampung Melayu dikenal sebagai Simpai Keramat.

Kelebihan
Di dalam novel tersebut mengandung nilai moralitas dan sosialisme. Alur ceritanya menarik sehingga mudah dimengerti dan menginspirasi para pembaca.

Kekurangan
Penulis seolah tidak mau memberikan waktu yang jelas sehingga para pembaca dibuat penasaran pada tahun berapa Indonesia mengalami pemerintahan tersebut.

Seolah menutupi kesalahan yang pemerintahan buat dan jalankan. Namun, semoga saja dengan hal tersebut maka para pembaca harus lebih hati-hati dalam memilih calon pemimpin.

Tugas pertemuan ke 8 UTS


ALAMI CUACA EXTRIM,BANJIR BANDANG BERPOTENSI TERJANG KOTA MEDAN

Pada dini hari 1november 2021,telah terjadi banjir di wilayah patumbak kebupaten deli serdang kecamatan patumbak.sungai yang berada di wilayah patumbak tepatnya di desa sigara-gara meluap ke jembatan sampai kepemukiman warga,sehingga membuat Rumah-rumah di sekitar sungai habis di terjang luapan banjir,serta mengakibatkan batang-batang pohon besar tumbang,serta lumpur yang membuat air sungai menjadi sangat keruh.hujan yang terjadi dari pukul 20.00 wib sampai pukul 04,00 dini hari belum juga reda,karena intensitas curah hujan yang sangat deras.banjir ini sangat berdampak buruk pada warga,karena air sungai yang meluap sampai kejembatan tidak bisa digunakan oleh masyarkat untuk braktivitas.


     Suka duka belajar daring
      BELAJAR DARING
Sudah setahun lebih sekolah belajar daring,dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang belum hilang dari dunia.di belajar daring ini banyak suka dukanya,suka cita saat belajar daring yang saya alaimi yaitu saya lebih bisa menguasi gawai,seperti hp,laptop,tab dll.selain itu juga saya merasakan kemudahan dalam mengirimkan tugas berkat penggunaan aplikasi yang beragam,serta banyak informasi-informasi yang saya ketahui dan saya pelajari untuk menambah pengembangan diri.namun dibalik itu semua ada juga duka dari belajar daring yang saya alami,bahkan teman-teman lainnya pun juga seperti itu.contoh nya seperti kurangnya sarana dan prasarana dalam belajar daring.karena tidak dapat bertemu dengan 
dosen dan teman-teman secara langsung,sehingga membuat menurunnya kemampuan sosial terhadap saya dan teman-teman lainnya.kadang kala dalam belajar daring ini banyak sekali masalah atau kendala yang saya alami contohnya,pada saat mau mengirimkan tugas,atau mengabseni di portal akademik,tiba-tiba jaringan internet hilang atau eror sehinnga membuat saya keterlambatan daalm mengabsen bahkan mengirimkan tugas,tapi untung saja para dosen saya memakluminya.dan yang paling jengkel nya ketika listrik padam jaringan internet pun ikut padam.dalam belajar daring atau online ini kesehatan kita pun terganggu karena kurangnya gerak,dan kesehatan mata mulai minus karena mata hanya terfokus pada hp atau laptop akibat cahaya gejed.
Ditempat saya sangat susah sekali sinyal,makanya banak materi kadang-kadang tidak jelas,tambah lagi saya harus menyediakan kuota internet tiap harinya,kadang saya membeli kuota tiap dua minggu sekali,karena kuliah online itu memakan banyak kuota yang lumanyan banyak dan saya sebagai mahasiswa yang harus meminta uang kepada orang tua,karena saya tidak dapat bantuan kuota dari pemerintah. Dikala zoom saya tidak perlu juga mengenakan baju yang rapi dan duduk dengan tegak mendengarkan meteri yang diberikan dosen.selama pandemi covid 19 ini melakukan perkuliahan daring ini sangat kurang efektif untuk dilakukan.banyak jadwal kuliah yang tidak sesuai,bahkan hari libur juga terkadang ada mata kuliah yang masuk.sudah hampir setahun lebih saya melakukan perkuliahan daring ini.tapi saya merasa hal ini justru membuat kami para mahasiswa merasa tertekan,tugas ang terus dikasi dosen tapi dalam pembelajarannya hanya sedikit yang kami ketahui.sehingga ketika mengerjakan tugas kami cukup kesulitan menyelesaikanna.Tidak hanya itu masih banyak lagi problem lain,terutama dari segi kuota internet,perkuliahan daring memanfaat kan beberapa via aplikasi yang membutuhkan banyak kuota bahkan di meeting zoom bisa menghabiskan kuota yang banyak.apalagi jika dalam satu minggu mata perkuliahan banyak melakukan meeting zoom maka pemakaian kuota sangat boros.
Pandemi ini ibarat gelombang yang menghantam,sedangkan masing-masing dari kita berjuang di perahu yang berbeda.Masing-masing dari kita memengang kesempatan untuk memilih apa yang kita lakukan dengan keadaan seperti ini.tapi tidak ada alasan untuk tidak bersemangat untuk kuliah dari rumah,kuliah online sangat melatih saya dan teman-teman lainnya untuk bisa lebih mandiri sehingga mahasiswa tidak hanya belajar melalui dosen saja tetapi juga mencari sumber ilmu yang lain seperti, buku, litersai dan lain sebagainya.
Adapun manfaat dari kuliah online ini adalah dengan online learning,intraksi antara dosen dan mahasiswa akan lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu dosen,dan proses belajarnya mengajarnya dapat berlangsung dimana pun selama kondusip dan dapat membantu untuk fokus.
Mahasiswa lebih susah paham materi,karena hanya bisa menatap layar,tapi pengalaman lah yang sesungguha nya dicari melalui praktikum.namun walaupun begitu sebagai mahasiswa kita harus mengikuti aturan pemerintah yang saat ini masih melakukan belajar online,dan mudah-mudahan pandemi ini cepat berakhir agar kita bisa beraktivitas kembali seperti biasa dan kembali belajar tatap muka.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Batak Angkola